Anda masih awam? Motor berisik nggak karuan pengen tahu apa yang rusak! Kepingin dibongkar sendiri? jangan sembarangan…!
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
sebab klo asal coba-coba bisa berabe… ada yang bautnya pada ilang… ada yang olinya berceceran, lupa masang komponennya… de el.. el..
nih gw kasih tips analisa mesin dengan membongkarnya sendiri.. ;
1. siapin alat-alatnya
- kunci-kunci standar seperlunya
- kunci-kunci khusus seperti; tracker magnit & tracker kopling
- bak ukuran kecil sebanyak 3pcs — > fungsinya buat tempat baut-baut yang terpisah antara mesin bagian tengah-kiri, bagian atas, dan bagian tengah-kanan
- bak ukuran sedang sebanyak 4pcs — > fungsinya tempat komponen-komponen mesin yang terpisah yaitu komponen mesin kiri,atas,kanan dan tengah
- bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin
- lap secukupnya buat ngelap tangan kalo kotor, dan komponen mesin bila perlu
- balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin
- kompresor, buat ngeringin komponen yang udah di bersihin pake bensin
- buku panduan (catalog mesin Honda) yang nanti bisa di download dari blog ini secara gratis… tapi tunggu yach… sabar!
2. proses pembongkaran mesin saya sarankan secara berurutan yaitu;
- mesin bagian kiri
- komponennya al; blok magnit, magnit, gear stater, rante stater
- mesin bagian atas
- komponennya al; rante keteng, head cylinder, rocker arm, cam shaft (noken as), klep, piston, blok silinder
- mesin bagian kanan
- komponennya al; blok kopling, kopling primer (otomatis) 1 set, kopling skunder (ganda) 1 set
- mesin bagian tengah
- komponennya al; gigi transmisi, kick stater, kruk as, stang seher
3. jangan lupa kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah
4. setelah semua selesai di bongkar, maka lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih, catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda
5. lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak
6. beberapa item part yang wajib di ganti kalo Anda bongkar mesin adalah ;
- gasket kit A ( paking top set )
- gasket kit B ( paking full set )
- oil seal selah
- oil seal operan / persnelling
- oil seal gear
- oli mesin 1 liter
7. pastika semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin,
8. lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri
9. setelah semua mesin terpasang, jangan lupa isikan oli sebanyak 1 liter
10. lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada seua bagian blok – blok mesin
11. nggak ada yang bocor! Beres dech…!
Klo begini ongkos bongkar pasang mesin GRATIS! Karena kita sendiri yang ngerjain, klo di kerjakan di bengkel Ahass / bengkel umum kisaran harganya ; Rp. 150.000,-
Tapi inget, harus optimis dahulu sebelum mencoba jagan ragu-ragu… kalo ragu-ragu datang dan relakan aja Rp. 150.000 ke bengkel Ahass… TAPI AMAN….! DAN BERGARANSI! — > 1 bulan.
Okey… itulah tips saya… yang ingin bertanya… atau berkomentar silahkan ditunggu…!
Artikel Terkait di Bawah posting
Modifikasi
- Modification Jupiter MX 135LC
- Modifications Honda Tiger Streetfighter
- Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESAR
- Cara Modifikasi Kopling Manual [F1ZR]
- Setting Motor 4tak
- SETTING AWAL MOTOR
- Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
- KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- Tune up mesin 2 tak
- Setting Motor Jupiter
- Memodifikasi Mio Biar KENCENG!!
- Modifikasi Motor JUPITER
- Teknologi Porting pada 4 tak
- Modifikasi Suzuki Shogun Air Brus
- New Modification Yamaha Vixion
- Tips bagaimana satria fu 150 kamu menjadi salah satu raja jalan raya
- Trik Tune Up RX KING
MOtor
- Modifications Honda Tiger Streetfighter
- Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESAR
- Menaikan Kompresi [F1ZR]
- Cara Kerja Kopling Non Full Clutch [F1ZR]
- Cara Modifikasi Kopling Manual [F1ZR]
- Setting Motor 4tak
- SETTING AWAL MOTOR
- Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
- KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- Tune up mesin 2 tak
- Setting Motor Jupiter
- Memodifikasi Mio Biar KENCENG!!
- Teknologi Porting pada 4 tak
- Modifikasi Suzuki Shogun Air Brus
- New Modification Yamaha Vixion
- Tips bagaimana satria fu 150 kamu menjadi salah satu raja jalan raya
Tips N Triks
- Tips & Trik Jumper | Teknik Jumper Keypad Handphone
- Blackberry Software Solution By Kenny ic3
- Tips mempertahankan baterai laptop agar bertahan lama I Battery Care | Hausgame software center
- cara menggabungkan dan memotong video
- membuat poster animasi gokil abis dengan photobie
- Pengalaman membasmi virus shortcut, W32 Ramnit
- Perbaiki Safe Mode bermasalah dengan Safe Mode Fixer
- BlackBerry 8520 Curve usb solution
- Nokia E63 E71 E72 SMPS Jumper
- Hardware pack For Nokia X6 16GB Latest Software
- Nokia x6 16gb hardware solution
- Nokia X5 Hardwere Solution One Exe
- Nokia x5
- Nokia X6 32GB solution
- Nokia C1-00 All Hardware Latest Solution Pack
- Nokia X2 Soution
- x6 Nokia ALL UseFull Hardware Repair Solution Pack
- Nokia X3 all Hardware Tested Solution
- NOKIA x6 All Solution Here (Setup File v-4)
- Nokia X5 All Hardware Latest Solution
- Nokia X7-00 charging way
- Nokia E 71 Hardware Solution
- Nokia 1616 Display
- nokiaE7-00 power key way
- Nokia C,E,N,X series All hardware solution exe
0 komentar:
Posting Komentar