23 Oktober 2010

Cara Modifikasi Kopling Manual [F1ZR]

Berikut cara modifikasi kopling banci F1ZR menjadi kopling manual. Pada dasarnya yang dilakukan hanya mengganti clucth carrier dengan sproket/gear depan no 12 (12 mata). Yang paling sederhana gear depan langsung dipasang tanpa ada proses bubut dan las. Jadi drum hanya terjepit oleh gear 12. Kelebihan cara ini adalah proses cepat dan sederhana (seperti iklan rentenir yah :) ) dan tidak merusak. Hanya cara ini umurnya paling 20-30 km sebelum akhirnya mur yang menjepit gear kendur. Mur kendur karena mur tidak mendapat drat yang cukup karena gear terlalu tebal. Jadi kalau pakai cara ini mungkin gear-nya harus ditipiskan dulu (dibubut). Kalau bisa dibuatkan kaitan antara gear dan drum.
Cara berikutnya adalah cara yang merusak(tidak bisa direstore) seperti gambar dibawah ini :

Gear dilas permanen pada drum. Agar mur mendapat drat yang cukup, lingkar dibagian tengah drum dibubut habis.

Dengan cara ini drum terhubung kuat pada kruk-as. Jangan lupa keluarkan dulu cage, bos cage, dan pelor2-nya kemudian simpan.
Sebulan saya menggunakan kopling manual (dengan cara bubut-las), pengalaman saya adalah :
1. Top speed sama saja
2. Akselerasi malah menurun kecuali main setengah kopling dan gas dulu baru naik gigi.
3. Bahaya di saat kritis. Bayangkan ketika harus berhenti/manuver mendadak untuk menghindari tabrakan. Karena tidak terlatih dengan kopling manual malah jadi bikin kagok.
4. Ngga enak buat sambil ngerokok, apalagi kalau pake helm full face hahahahaha. Buat jalan santai/pelan juga tidak enak karena harus mengkopling ketika seher terasa ndet-ndetan. Apalagi kalau jalan macet.
Akhirnya kemarin kopling saya restore kembali ke kopling banci. Saya memakai drum-set( ada cage, bos cage dsb) bekas yang saya beli di Jatayu. Drum yang sudah dimodifikasi tidak bisa direstore. Ternyata kelas saya adalah kelas bebek hahahahahaha.
Oh yah bengkel mana yang bisa menanganinya? Semua bengkel yang mempunyai alat las bisa mengerjakannya. Copot drum dan bawa ke bengkel bubut. Sesudah itu pasang drum di kruk-as. Pasang gear dan di kecangin dengan mur. Las gear pada 2 titik. Copot kembali drum-nya, las gear pada semua kelilingnya. Pasang kembali di kruk as dan seterusnya. Berapa biayanya ?
- biaya bubut 10 rb – 20 rb
- biaya las 10 rb – 20 rb
- gear 12 10 rb
- seal kopling 10 rb.
- ongkos 30 rb – 50 rb
Lebih murah pada bengkel kecil (mekaniknya yah owner bengkel).

Artikel Terkait di Bawah posting

0 komentar:

LOGIN

Template by : JON'S