Berikut cara modifikasi kopling banci F1ZR menjadi kopling manual. Pada dasarnya yang dilakukan hanya mengganti clucth carrier dengan sproket/gear depan no 12 (12 mata). Yang paling sederhana gear depan langsung dipasang tanpa ada proses bubut dan las. Jadi drum hanya terjepit oleh gear 12. Kelebihan cara ini adalah proses cepat dan sederhana (seperti iklan rentenir yah ) dan tidak merusak. Hanya cara ini umurnya paling 20-30 km sebelum akhirnya mur yang menjepit gear kendur. Mur kendur karena mur tidak mendapat drat yang cukup karena gear terlalu tebal. Jadi kalau pakai cara ini mungkin gear-nya harus ditipiskan dulu (dibubut). Kalau bisa dibuatkan kaitan antara gear dan drum.
Cara berikutnya adalah cara yang merusak(tidak bisa direstore) seperti gambar dibawah ini :
Gear dilas permanen pada drum. Agar mur mendapat drat yang cukup, lingkar dibagian tengah drum dibubut habis.
Dengan cara ini drum terhubung kuat pada kruk-as. Jangan lupa keluarkan dulu cage, bos cage, dan pelor2-nya kemudian simpan.
Sebulan saya menggunakan kopling manual (dengan cara bubut-las), pengalaman saya adalah :
1. Top speed sama saja
2. Akselerasi malah menurun kecuali main setengah kopling dan gas dulu baru naik gigi.
3. Bahaya di saat kritis. Bayangkan ketika harus berhenti/manuver mendadak untuk menghindari tabrakan. Karena tidak terlatih dengan kopling manual malah jadi bikin kagok.
4. Ngga enak buat sambil ngerokok, apalagi kalau pake helm full face hahahahaha. Buat jalan santai/pelan juga tidak enak karena harus mengkopling ketika seher terasa ndet-ndetan. Apalagi kalau jalan macet.
Akhirnya kemarin kopling saya restore kembali ke kopling banci. Saya memakai drum-set( ada cage, bos cage dsb) bekas yang saya beli di Jatayu. Drum yang sudah dimodifikasi tidak bisa direstore. Ternyata kelas saya adalah kelas bebek hahahahahaha.
Oh yah bengkel mana yang bisa menanganinya? Semua bengkel yang mempunyai alat las bisa mengerjakannya. Copot drum dan bawa ke bengkel bubut. Sesudah itu pasang drum di kruk-as. Pasang gear dan di kecangin dengan mur. Las gear pada 2 titik. Copot kembali drum-nya, las gear pada semua kelilingnya. Pasang kembali di kruk as dan seterusnya. Berapa biayanya ?
- biaya bubut 10 rb – 20 rb
- biaya las 10 rb – 20 rb
- gear 12 10 rb
- seal kopling 10 rb.
- ongkos 30 rb – 50 rb
Lebih murah pada bengkel kecil (mekaniknya yah owner bengkel).
- Tips & Trik Jumper | Teknik Jumper Keypad Handphone
- Blackberry Software Solution By Kenny ic3
- Tips mempertahankan baterai laptop agar bertahan lama I Battery Care | Hausgame software center
- cara menggabungkan dan memotong video
- membuat poster animasi gokil abis dengan photobie
- Pengalaman membasmi virus shortcut, W32 Ramnit
- Perbaiki Safe Mode bermasalah dengan Safe Mode Fixer
- BlackBerry 8520 Curve usb solution
- Nokia E63 E71 E72 SMPS Jumper
- Hardware pack For Nokia X6 16GB Latest Software
- Nokia x6 16gb hardware solution
- Nokia X5 Hardwere Solution One Exe
- Nokia x5
- Nokia X6 32GB solution
- Nokia C1-00 All Hardware Latest Solution Pack
- Nokia X2 Soution
- x6 Nokia ALL UseFull Hardware Repair Solution Pack
- Nokia X3 all Hardware Tested Solution
- NOKIA x6 All Solution Here (Setup File v-4)
- Nokia X5 All Hardware Latest Solution
- Nokia X7-00 charging way
- Nokia E 71 Hardware Solution
- Nokia 1616 Display
- nokiaE7-00 power key way
- Nokia C,E,N,X series All hardware solution exe
- Modifications Honda Tiger Streetfighter
- Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESAR
- Menaikan Kompresi [F1ZR]
- Cara Kerja Kopling Non Full Clutch [F1ZR]
- Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak
- Setting Motor 4tak
- SETTING AWAL MOTOR
- Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
- KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- Tune up mesin 2 tak
- Setting Motor Jupiter
- Memodifikasi Mio Biar KENCENG!!
- Teknologi Porting pada 4 tak
- Modifikasi Suzuki Shogun Air Brus
- New Modification Yamaha Vixion
- Tips bagaimana satria fu 150 kamu menjadi salah satu raja jalan raya
- Modification Jupiter MX 135LC
- Modifications Honda Tiger Streetfighter
- Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESAR
- Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak
- Setting Motor 4tak
- SETTING AWAL MOTOR
- Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
- KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- Tune up mesin 2 tak
- Setting Motor Jupiter
- Memodifikasi Mio Biar KENCENG!!
- Modifikasi Motor JUPITER
- Teknologi Porting pada 4 tak
- Modifikasi Suzuki Shogun Air Brus
- New Modification Yamaha Vixion
- Tips bagaimana satria fu 150 kamu menjadi salah satu raja jalan raya
- Trik Tune Up RX KING
0 komentar:
Posting Komentar