Mesin 4-Tak
Teknologi Porting
, penulis di website Chevy High Performance pernah berkomentar khusus tentang mesin 4-tak. Katanya untuk mendapatkan power yang besar tergantung di kepala silinder. Ini berhubungan dengan bentuk lubang (isap dan buang), aliran gas bakar ke silinder dan keluar silinder.
Bahkan beberapa mekanik punya kesimpulan sederhana. Tenaga mesin 4-tak 80% letaknya di kepala silinder. “Di sini ilmu porting sangat penting. Dipelajari guna menghasilkan efisiensi volumetrik ke dalam silinder sebesar-besarnya,” jelas Beny Djatiutomo dari Star Motor.
Untuk mendapatkan efisiensi volumetrik yang besar kuncinya gas speed dan cfm (cubic feer per minute). Pengukuran gas speed menyatakan kecepatan aliran gas bakar. Sedang cfm menyatakan banyaknya molekul gas bakar yang mengalir per menit.
Mengukur cfm dan gas speed diperlukan flowbench. Dulu flowbench tidak dimiliki mekanik motor lokal. Makanya Beny Djatiutomo order bikin kepala silinder ke Swedia yang ada flowbench. Termasuk Tomy Huang dari BRT order ke Australia juga ada alat itu.
Korek di sana hasilnya bisa langsung terlihat dan terukur. “Data dari flowbench bisa langsung dikonversi ke dalam satuan PS atau HP (Horse Power). Selanjutnya mekanik tinggal melakukan uji dynotest dan sirkuit,” jelas Tomy Huang, bos Bintang Racing Team.
Tomy pelopor pemilik dynotest. Bahkan sejak 2 tahun lalu beli flowbench khusus untuk motor. “Agar riset serba terukur dan punya patokan. Dana yang keluar buat riset juga tidak banyak,” tutur Tomy Huang dari markasnya di Cibinong.
Ini yang membuat mekanik Indonesia susah dikejar oleh negara Asia Tenggara lainnya. Sejak zaman 4-tak bergema, Indonesia kiblatnya korek 4-tak. Mekanik Thailand dan Malaysia sementara baru main membesarkan lubang isap dan buang tanpa flowbench.
Tentu semua juga masih ingat ketika Doni Tata Pradita naik Yamaha Jupiter-Z. Namanya langsung melejit. Ini juga tak lepas dari peran flowbench. Ketika itu yang mengorek mesin Jupiter-Z Dony Tata yaitu Gandhoel alias Sri Hartanto, mekanik balap senior form Jogja.
Gandhoel rajin menyambangi bengkel MBG di kawasan Ring Road Barat, Salakan Trihanggo, Gamping Sleman, Yogyakarta. Bengkel yang sudah lama kondang sebagai tempat mobil drag terkencang Indonesia itu punya flowbench merek Superflow.
Ketika itu flowbench yang aslinya untuk mobil dimodifikasi. Dibuatkan dudukan agar bisa mengukur aliran gas bakar di kepala silinder Yamaha Jupiter-Z. Sampai sekarang korekan Gandhoel masih dihormati. Hormat, grak!
- Modifications Honda Tiger Streetfighter
- Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESAR
- Menaikan Kompresi [F1ZR]
- Cara Kerja Kopling Non Full Clutch [F1ZR]
- Cara Modifikasi Kopling Manual [F1ZR]
- Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak
- Setting Motor 4tak
- SETTING AWAL MOTOR
- Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
- KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- Tune up mesin 2 tak
- Setting Motor Jupiter
- Memodifikasi Mio Biar KENCENG!!
- Modifikasi Suzuki Shogun Air Brus
- New Modification Yamaha Vixion
- Tips bagaimana satria fu 150 kamu menjadi salah satu raja jalan raya
- Modification Jupiter MX 135LC
- Modifications Honda Tiger Streetfighter
- Bebek Pakai Piston Tiger: MERUSAK OFF SET MENGEJAR CC BESAR
- Cara Modifikasi Kopling Manual [F1ZR]
- Tips Bongkar Mesin motor Honda tipe Bebek 4 tak
- Setting Motor 4tak
- SETTING AWAL MOTOR
- Korek Harian 4-Tak : Setting Karburator
- KOHAR (Korek Harian) Motor 4 Tak
- KOREK HARIAN MOTOR SUZUKI SHOGUN / SMASH
- Tune up mesin 2 tak
- Setting Motor Jupiter
- Memodifikasi Mio Biar KENCENG!!
- Modifikasi Motor JUPITER
- Modifikasi Suzuki Shogun Air Brus
- New Modification Yamaha Vixion
- Tips bagaimana satria fu 150 kamu menjadi salah satu raja jalan raya
- Trik Tune Up RX KING
0 komentar:
Posting Komentar