19 Maret 2009

Mini 4WD: Handycap Speed

mini4wd-sloop01akhirnya tipe handycap saya berevolusi seperti foto di sebelah ini. perubahan saya lakukan pada penguat depan menggunakan fiber custom 2mm dan belakang double, jadi 4mm. itu karena saya memasang tambahan roller 16mm paling bawah dengan posisi fixed, untuk keseimbangan, sementara 8 roller 18mm di atasnya bergerak bebas.
spacer


mini4wd-sloop3 rem spoon penguat belakang juga di lepas. hasilnya lumayan, kecepatan bertambah 5%, dan masih cukup stabil di flyover atau jumping trek terputus (engga terbang melayang, hehehee…)
spacer
spacer
spacer
spacer
spacer
mini4wd-speed1itu handycap yang berevolusi, kalo ini tipe speed yang baru aja beres di rakit. percaya atau engga niy ya.. semua part hasil dikasih dari bapak-bapak yang lagi keracunan tamiya di komplek saya. cukup sering nemenin mereka hunting, belanja spare part, sambil nyupirin juga. saat belanja itulah mereka sering nawarin. yang penting saya engga minta, tapi kalo di tawarin ya mau atuh. satu-satunya part yang saya beli cuma stick penyeimbang belakang sama dual bearing 3×6 (wheelie bar) itu aja.
spacer
mini4wd-speed02ternyata, ngerakit tipe speed jauh lebih sulit dibanding handycap. makanya Mini 4WD lover, jangan kecil hati kalo banyak yang engga ngerti bilang, “eh.. elu kayak anak kecil aja mainin mobil-mobilan kayak gitu”. kalem aja bro, itu karena mereka engga ngerti. padahal ada ilmu matematika, fisika, elektronik dan agama –kalo ini mah wajib berdoa biar mobil kita engga terbang melayang dan hancur– dalam prosesnya.
spacer
mini4wd-speed04beberapa settingan tipe speed bertolak belakang dengan tipe handycap. salah satunya, setting roller depan & belakang dibuat fixed atas bawah. dengan perbandingan diameter komposisi atas bawah roller sebesar 2mm, sebaiknya 16mm:14mm, tapi berhubung spare partnya gratisan, saya cuma dapet 18mm:16mm, dan ternyata lebar dari ujung kanan dan kiri roller speed saya tepat 11Cm.
spacer
spacer
mini4wd-speed06kemudian, fungsi rem spoon pada handycap diganti dengan wheelie bar. ini settingan lumayan susah, rumusnya gini, makin kecil track makin pendek wheelie bar, makin luas track makin panjang wheelie bar. tinggi bearing 3×6 itu antara 1-2mm dari dasar lintasan. saya pake stick penguat warna hitam 3mm biasa. trus bikin alur tempat as bearing dengan gergaji besi, pasang as bearing dari tiang penguat yang kedua ujungnya punya alur buat mur trus jepit pake 2 bosh dari roller, abis itu kasih lem super glue. pasang bearing, mur penguat, beres dah, modifikasi aja sendiri dari spare part seadanya, yang penting kuat dan berfungsi dengan baik.
kecepatannya? heheee… 10% lebih cepat dari tipe handycap saya. ini spesifikasi tipe speed hasil dari bantuin bapak-bapak di komplek selama bulan puasa kemaren. mayan lah…
Chasis:
HJH buntung
including on/off switch, stainless steel terminal, gearbox
Bumper:
Stick Fiberglass Custom Bumper (front)
Stick Fiberglass Custom Bumper set (rear)
Velg:
HJH Alluminium (rear)
As Nachi depan (anti magnet) with 2 HJH bearing 3×6 (front wheel)
As Nachi belakang (anti magnet) with 2 HJH bearing 3×6 (rear wheel)
Wheelie bar with 2 HJH bearing 3×6 (cutom)
Tire:
Spoon Phillips (rear tire)
Roller:
Dural 18mm Bearing (4 pcs) front & Rear bumper (top)
16mm Bosh (4 pcs) front & Rear bumper (bottom)
kubah (4 pcs)
Recharging Battery:
Vanson 800 mAh (2 pcs)
GP-1300 mAh (2 pcs)
Sanyo Harmolattice 1000 mAh (2 pcs)
Hinohikari CHA-200 Recharger (4 slot)
Motor (dynamo):
Chukin Cube (tabung motor)
HJH Strong Magnet (silver)
Angkur HJH Super 12mm (gajah)
Kawat 0,55mm (blue metalic wire)
Gulungan 9-9
Brush kupu-kupu
2 gear (gear langsung)
Avarage Speed belom di test uy..
mini4wd-sloop-speed01
spacer

Artikel Terkait di Bawah posting

0 komentar:

LOGIN

Template by : JON'S