2 Januari 2009

Perjuangan Wanita Berhati Kuat

tek..tek..tek.. seingat q begitulah bunyi kipas angin di ruang tamu kamar tamu di rumah q yang, ya bisa di bilang besar. tak hanya bunyi kipas yang ribut itu yang membangunkan tidur q. jam di dinding tetep aja berputar seperti biasanya seperti tak mau tahu suara ribut apa di kamar tamu. jam menunjukkan jam 2 pagi (entah itu pagi atau malam, pkoknya saat itu masih gelap). "Kamu yang harusnya ngerti aq," dengkik ibuku. entah siapa lawan bicara ibuku di tengah malam sunyi itu. siapa juga yang mau tahu, suaranya begitu merintih, tak tega aku sebagai seorang anak untuk mendengar malaikat yg melahirkan q teriak sambil menangis. sudahlah. itulah gumamku dlam hati. walau berat, tak bisa lagi q lawan rasa penasaran ini. tanpa mengeluarkan suara, pintu q buka. memang dari kamarku dulu langsung menghadap ruang tamu. sontak aku tonton perkelahian kecil ibuku dengan seorang pria yang tak asing, siapa lagi kalau bukan bapak q sendiri.
awalnya memang kecil, terus q perhatikan apa saja yang mereka lakukan. namanya juga anak kecil berumur 8 tahun, jelas aq nggak ngerti sma apa yang aq liat barusan. bapak dengan tega dan wajah beringas teganya memukul ibu. di dalam kepala q terus terbang sebuah pertanyaan. apa sih yg mereka lakuin, mending tidur (namanya juga anak kecil, maklum). ya udah, aq tidur aja lagi.
aq bangun beberapa jam kemudian. sdh jam 5. aq harus jalanin rutinitas q yaitu, berangkat sekolah, pulang sekolah, main, tidur siang, bangun, nonton tv, tidur lagi. bosen? jelas nggak lah. kan namanya juga anak kecil, hehehe. aq inget lagi kejadian tadi malem waktu aq liat ibu biasa" saja ngomong ma bapak q. mungkin udah baikan...
ternyata, besoknya aq dapet kabar kalau seminggu lagi ibuku harus pergi jauh, jaauuuuuhhhh... aq ga mungkin nyusul. kemana ibu??
ternyata ibu mau pergi kerja ke negara lain yaitu jepang! keren kan? waktu sehari sebelum ibu berangkat, ibu ga bilang apa". ngomong mau pamit aja nggak. eh besoknya, pas aq sekolah untuk ulangan umum bahasa indonesia yang seperti biasa, mengarang bebas, ibuku dateng.. pertama ibu ngomong sama wali q.. temen" udah pada nanya,, ada apa? q cuek aja bilang, ibuku mau ke jepang. entah bangga atau sedih atau mungkin seneng yang harus aq rasain. begitu aku keluar nemuin ibuku, aq langsung di peluk. lama. sepi. ga bilang apa". air mata ibu jatuh di pundak q. aq ga tau harus ngapain. nangis pun nggak. aq bingung. "Ibu pamit ya nak," itu aja yang di bilang ibu, "iya bu," namanya juga naka kecil kan? aq masih belum tau jepang itu di mana, mungkin deket kampungku di singaraja, atau deket rumah ibuku di kampung, seririt?? aq ga tau.
aq masuk ke kelas,, yang gawat malah temen", tetep aq cuekin, aq lanjutin aja nerusin karangan bebasku.
sampai rumah, muka kakak q mah udah pucet gmana gt. aq bingung juga ibu mana sih? biasanya ibu yg nemenin aq tidur siang. tp sekarang knapa kakak q?? ada yang aneh.
entah kenapa, dua tahun kemudian baru aq mengerti ternyata ibu benar" jauh. nggak pernah ngasi kabar, surat aja nggak apa lagi nelpon. adakah anak kecil berumu 10 tahun yang tahan tanpa kasih sayang seorang ibu selama 2 tahun? hanya aq yang tau! aq yang ngalamin!
tiba suatu malam yang bener" gelap. bapak dateng dari kerja, yang entah kerja di mana. tapi tiba" knapa bapak pulang bareng 2 cewek? siapa mereka? aq liat muka kakak ku cewek, yang ke 2 udah masang muka jutek. aq mah biasa" aja. sementara bapak mandi, aq ma kakak q yg jutek ini harus menemani 2 wanita yang montok, rambut aneh, pakaian minim. mereka nanya tentang keluarga q gt. aq tetep jawab aja klo dya nanya. walaupun selalu keduluan kakak q. selesai mandi pegi lagi lah bapak q. bahkan sampe ga pulang 2 hari. udah bisa bagi q. penderitaan kami (kakak pertama q yang cowo, kakak q yang cewek n aku) bertambah. kita serasa yatim piatu. tanpa kasih sayang ibu, tanpa perhatian bapak!!
oya, sebelum ibuku pergi ke jepang aku pernah diajak ke mall yg cukup terkenal. disana tumben aq di kasi beli apa yang aku minta, jelas aq langsung ke toko buku. beli buku cerita bergambar. tapi begitu aq sampe di parkiran bapak q bisik" ke aq: sebelum pulang kita pergi dulu cari temen bapak ya, tapi jangan bilang" ke ibu. baru aq tau alasan kenapa permintaanku tumben di kabulin. ya sudahlah, aku janji aja kalo aq bakal bilang ke ibu. tibalah aku di sebuah hotel aneh, serem, mungkin aja berhantu. di sana keluar cewek yang montok, rambutnya aneh n pakaiannnya minim. cewek yang aneh!
aq disuruh pindah ke bangku belakang. eh dya diem di kursi q tadi! mobil jalan lagi, pergi ke tempat yang ga jauh dari hotel. pantai. ya, merek berdua seakan remaja yang baru PDKT! jalan berdua, aq di belakang mereka. lupa ya klo dah punya anak?
rahasia ini aku simpen bertahun". sampai akhirnya aq diajak ke surabaya untuk jalan". tambah aneh aja kelakuan bapak q ini. ternyata kita pergi ke kampung perempuan yang q bilang aneh tadi! lalu kita pergi untuk jalan", eh di mobil mereka sekeluarga udah cekikikan ngeliat foto hitam, gelap, transparan (aku liat lewat spion dalem mobil yg diatas itu lho) eh ternyata itu hasil rongen (gni ya tulisannnya ronsen?) bayi. ga tau itu milik siapa. begitu pulang dari surabaya baru aq sadar itu milik siapa. wanita itu! dia hamil! siapa bapaknya? ternyata sama dengan q...
hari yang paling aku benci, dendam, kecewain akhirnya dateng juga. inilah saatnya ayahku menikah dengan istri keduanya yang masih aneh dari dulu itu tanpa sepengetahuan ibu. siapa yang sangka? ternyata tuhan kasi aq cobaan sebegitu beratnya untuk seorang anak yang berumur 9 tahun ini?
seiring waktu akhirnya wanita itu melahirkan. jelas perasaanku ga bisa aq tebak! aku harus sedih? kesal? atau gimana? yang jelas aq tau aku ga bakal seneng! baru kali ini kau kenal yang namanya adik tiri. adakah anak seusiaku yang pingin punya adik TIRI?
mau ga mau, aq harus terima kahdiran anggota di rumah ku! aku ga suka keadaan ini. aq ga SUKA! akhirnya pernah suatu malem ibuku nelpon sambil teriak ke aq: siapa itu cewek bawa anak di rumah? jelas aq kaget, aq gagap jawab pertanyaan ibuku. langsung aja aku oper telponnya ke bapak q. aq ga mau tau lagi! pastilah ibu bakal kena rayuan super gombal bapakku yang tak seorang pun bisa menghindar dri keindahan kata yang dikeluarin dri mulutnya.
sejak kejadian itu aq mulai benci dengan yang namanya BAPAK. walaupun terlalu dini, aq udah buat keputusan bakal tinggal bareng ibuku klo ibu udah dateng.
bener udah. waktu aq udah kelas 1 smp, tiba" ibuku nelpon kakak klo ibu udah di bandara n di suruh jemput sekarang. GAWAT! mau di umpetin di mana adik tiri ini n ibunya?? akhirnya aku n kakak" dan juga bapak jemput ibu. aq seneng banget! sekitar 5 tahun sudah aq ga bernah rasain kasih sayang ibu yang tulus kayak dulu. begitu bingung nyari ibu dimana, kakak q udah teriak manggil ibu n lari kenceng banget. aq, dewik, sama kakye lari trus meluk ibu sekenceng"nya.. tentunya sambil nangis. haru sekali. aq nangis ga karuan. ini pertama kalinya aku rasain kehangatan pelukan seorang ibu sejak 5 tahun lalu. selama jalan ke mobil, aq terus meluk ibu. aq berusaha nebak, apa sih yang sekarang ada di dalem pikiran bapak? pasti panik.
ga rambang q, yg penting ibu sekarang ada di sampingku, kurang dari 5 cm jaranknya. apa ini mimpi? seperti ini ya muka ibuku?? aq baru ngeh.
inilah klimaks di dalam hidupku.
saatnya bapak menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi ketika ibu pergi ke jepang. aq sama anak" mereka sih ada di ruang keluarga, sebelah runag tamu. mereka ada di runag tamu. dri sini pun kita bisa denger apa yang merek bilang. eh tiba" ibu nangis sambil nunjuk" bapak. kayak emak lgi ngutuk malin kundang! entah apa yang di bilang ibu, tpi aq tau seberapa sakitnya seorang perempuan yang udah di sakitin seorang pria laknat dan ga punya hati nurani lagi!!!!
aku lebih kasian ngeliat keadaan ibu dripada keadaanku ini. muka ibu lusuh, kusut, capeknya pasti ga kebanyang. sempet bapak menawarkan ibu untuk tidur di kamarnya dulu yang sekarang udah dihuni sama wanita aneh itu. ibuku jawab: ngapain saya tidur di tempat bekas orang lain?. tiba" rasa bangga punya seorang ibu seperti ini muncul. hati wanita ini bener" kuat. lebih kuat dri apapun yang kuat di semesta ini.
waktu terus berjalan, gak terasa ibuku mau berangkat lagi jepang. sedih untuk ga rela ngelepas ibu yang dulu aq rasain muncul lagi. aq ga rela. tapi ga papa. ini demi kita sekeluarga, kecuali BAPAK!
ibu, aq janji akan kuat sepertimu. aku ga mau cengeng cuma untuk di tinggal ibu untuk kerja.
nah, pas tahun 2008, ibu dateng lagi ke bali. sejak itu ibu memutuskan untuk tidak balik lagi ke jepang. akhirnya dengan perjuangan ibuku, ibu bisa berusaha sendiri. ibu buat usaha dengan berdagang. membuat minimarket di deket tempat tinggal ibuku saat ini. ibuku hebat!
namun syang, aq harus tinggal di rumah yang menjadi saksi perjuangan keluargaku dengan keluarga tiriku! apa boleh buat, karena sekolahku saat ini (SMA) ada di deket rumahku.
tpi ga papa, setiap sabtu minggu aq sempetin waktu untuk ke rumah ibu, mencari kasih sayang yang tulus dan ga akan ke hapus, selalu tersimpan di hatiku...

Artikel Terkait di Bawah posting

0 komentar:

LOGIN

Template by : JON'S