11 Juli 2010

Mengenal lebih dekat tentang sistem operasi

Bagi anda yang sering berhadapan dengan komputer pasti banyak yang belum mengerti tentang apa itu SISTEM OPERASI nah pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang apa itu sistem operasi pada komputer.
sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

Sistem Operasi adalah suatu program yang mengontrol eksekusi dari program aplikasi. Sistem operasi merupakan suatu antarmuka (interface) antara aplikasi dan hardware yang bertanggungjawab mengelola sumber daya (resources) dan berfungsi seperti software komputer biasa. Sistem Operasi melepas kontrol dan harus bergantung pada processor untuk mendapatkannya kembali.

Evolusi sistem operasi terjadi karena upgrade hardware yang ditambah tipe baru hardware, layanan baru dan perbaikan dimana sebagian besar merupakan perbaikan keamanan.

Terdapat 5 titik kritis pada kajian teoritis kritis sistem operasi, yaitu proses, manajemen memory, proteksi dan keamanan informasi, penjadwalan dan manajemen sumber daya, serta struktur sistem.

- Proses
Program yang sedang dieksekusi
Instance dari program yang berjalan pada suatu komputer
Entitas yang dapat didiserahkan dan dieksekusi pada processor

- Manajemen Memory
Isolasi proses
Alokasi dan manajemen otomatis
Mendukung pemrograman modular
Proteksi dan kendali akses
Media simpan (storage) longterm

- Proteksi dan Keamanan Informasi
Ketersediaan (availability)
Confidentiality
Integritas data
Otentikasi

- Penjadwalam dan Manajemen Sumber Daya
Fairness
Differential responsiveness
Efisiensi

- Struktur Sistem

Sistem operasi modern adalah suatu sistem yang besar dan kompleks. Sistem operasi modern memiliki karakteristik arsitektur microkernel yang memberikan hanya sedikit fungsi esensi ke kernel, contohnya sistem operasi Windows dan Linux.

Banyak sistem operasi modern telah memiliki konsep yang dikembangkan agar memungkinkan sebuah proses untuk memiliki eksekusi multi-threading dimana proses dibagi ke dalam thread-thread yang dapat berjalan secara konkuren.

Dalam sistem operasi modern juga terdapat ciri Symmetric multiprocessing (SMP) yang terdapat beberapa processor dimana processor tersebut berbagi pakai memory utama dan fasilitas I/O yang sama serta dapat mengerjakan fungsi yang sama.

Artikel Terkait di Bawah posting

0 komentar:

LOGIN

Template by : JON'S